Metode Penelitian Skripsi


Metode penelitian pada skripsi yang merupakan hasil penelitian kuantitatif terdiri atas rancangan penelitian, populasi dan sampel, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data. Pada skripsi yang merupakan penelitian kualitatif, metode penelitian mencakup pendekatan penelitian, lokasi penelitian, sumber data, prosedur pengumpulan data, teknik analisis data, dan pengecekan keabsahan data. Berdasarkan hal tersebut, secara umum metode penelitian terdiri atas jenis/rancangan/pendekatan penelitian, sumber data dan data penelitian, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data. Untuk PTK, metode penelitian disesuaikan dengan format proposal.

A.    Jenis, Lokasi dan Waktu Penelitian
Pada bagian ini, peneulis perlu menjelaskan jenis penelitian yang digunakan yang disertai alasan-alasan singkat mengenai penggunaan jenis penelitian tersebut, misalnya pengamatan, eksperimen, pengembangan, etnografis, studi kasus, interaktif, ekologis, partisipatoris, dan penelitian tindakan kelas. Begitupula dengan waktu penelitian serta lokasi penelitian itu dilakukan.

B.     Sumber Data dan Data Penelitian
Sumber data merupakan asal, tempat, atau lokasi data penelitian diperoleh. Sumber data dapat dikategorikanmenjadi sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer merupakan sumber data yang diperoleh dari pihak yang diteliti, sedangkan sumber data sekunder adalah sumber data yang diperoleh dari pihak luar sasaran penelitian. Sumber data dapat berupa buku , dokumen, informan, populasi, sampel, atau subjek penelitian.
Data penelitian dapat berupa data kuantitatif atau kualitatif hasil pengukuran, pengamatan, survei dan dokumentasi. Data kuantitatif berupa angka, sedangkan data kualitatif berupa nonangka (misalnya kata, gambar dan warna).

C.     Instrumen Pengumpulan Data
Pada bagian ini akan diuraikan nama, bentuk, karakteristik, tujuan penggunaan instrumen, dan pengembangan instrumen terutama jika instrumen diadopsi dari penliti lain

D.    Teknik Pengumpulan Data
Pada bagian ini diuraikan teknik pengumpulan data yang digunakan, misalnya tes, observasi, wawancara, kusioner, dan dokumentasi. Uraian mengenai teknik pengumpulan data disertai dengan prosedur data yang akan diperoleh, tenaga yang dilibatkan beserta kualifikasinya, instrumen yang digunakan, dan durasi waktu yang diperlukan.

E.    Teknik Analisi Data
Pada bagian ini diuraiakan proses pelacakan dan pengaturan secara  sistematis data baik yang berbentuk angka maupun transkripsi-transkripsi wawancara, catatan lapangan dan bahan-bahan lain agar peneliti dapatmenyajikan temuannya Pada penelitian kuantitatif, peneliti dapat menggunakan statistic nonparametrik, logika dan estetika. Dalam penlitian kualitatif, analisi data dapat menggunakan statistik deskriptif, atau inferensial. Pemilihan jenis analisis data ditentukan oleh jenis data yang dikumpulkan dengan tetap berorientasi pada tujuan penelitian atau hipotesis yang diuji. Yang perlu diperhatikan adalah ketetapan teknik analisis, bukan kecanggihannya.

Berikut ini adalah contoh  metode penelitian sebuah skripsi

PENGARUH TANAMAN ECENG GONDOK (Eichornia
crassipes )TERHADAP PENURUNAN RESIDU
PESTISIDA DALAM AIR





SKRIPSI









OLEH




SURIANTO JAYA
0720359





SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PUANGRIMAGGALATUNG SENGKANG
2011




BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

A.    Jenis dan Lokasi Penelitian
1.      Jenis Penellitian
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan sampel tanaman eceng gondok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tanaman eceng gondok terhadap penurunan residu pestisida yang diukur melalui penurunan kadar Amoniak ( NH3) dalam air yang dicemari pestisida Dihemipo.
Adapun rancangan penelitian yang digunakan adalah acak lengkap yang  terdiri dari atas 4 perlakuan yang berbeda sebagai berikut :
N0       : Variasi dengan 0 tanaman eceng gondok (0%)
N1       : Variasi 3 rumpun tanaman eceng gondok (25%)
N2       : Variasi 5 rumpun tanaman eceng gondok (50%)
N3       : Variasi 7 rumpun tanaman eceng gondok (100%)
Persentase variasi tanaman ditentukan berdasarkan luas tutupan tanaman eceng gondok terhadap permukaan air dalam medium. Mengingat penelitian ini terdiri dari 4 pelakuan yang berbeda (N0, N1, N2 dan N3) dan dirancang sebanyak 3 kali ulangan, sehingga diperoleh 12 satuan percobaan.
2.      Lokasi Penelitian
Lokasi pengambilan sampel tanaman eceng gondok di Danau Tempe, Sengkang. Pengujian sampel dan pengamatan sampel dilakukan pada Tk. Arma Lama, jl. Mesjid Raya, Sengkang. Sedangkan analisis parameter penurunan residu pestisida diukur melalui penurunan kadar Amoniak (NH3), dilakukan di laboratorium BLHD ( Balai Lingkungan Hidup ),  jl. Kejaksaan, Sengkang .
B.     Sumber Data dan Data Penelitian
1.      Sumber Data Penelitian
a.       Sumber Data Primer
Data yang diperoleh berupa hasil pengukuran penurunan residu pestisida yang diukur melalui penurunan kadar Amoniak (NH3) yang terdapat dalam air berdasarkan tingkat konsentrasi pada variasi perlakuan tanaman eceng gondok yaitu N1, N2 dan N3. Waktu penelitian dilakukan  selama 21 hari yang mana konsentrasi diukur pada hari ke-7, hari ke-14, hari ke-21.
b.      Sumber Data Sekunder
Data pendukung yang berasal dari literatur untuk menunjang penelitian yang diperoleh dari beberapa buku dan artikel terkait yang diperoleh dari internet, diantaranya literatur mengenai Defenisi dan Karakteristik Air, Tanaman Eceng Gondok Pembersih Polutan Logam Berat, Pestisida dan Pemanfaatannya, serta Tekhnik-tekhnik Penelitian
2.      Data Penelitian
Mengingat penelitian ini bersifat eksperimen, sehingga data yang diperoleh bersifat kuantitatif berupa angka-angka hasil pengukuran penurunan residu pestisida dalam air yang disajikan dalam bentuk tabel dan dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif.
C.    Instrumen Pengumpulan Data
1.      Pembuatan Medium
a.       Penyiapan Alat dan Bahan    
1)      Alat
a)      Ember plastik 7000 ml
2)      Bahan
a)      Air baku
b)      Pestisida Dhimehipo
b.      Prosedur Kerja
Medium yang digunakan dalam penelitian ini berupa ember plastik 7000 ml. Adapun pembuatan medium dilakukan dengan mengisi masing-masing ember dengan 5 liter air baku, kemudian membuat larutan dengan menambahkan 60 cc pestisida Dihemipo pada masing masing medium kemudian dihomogenkan.
Dalam proses ini, dilakukan pengukuran awal untuk kadar Amoniak (NH3) pada masing-masing medium untuk mengetahui residu awal dengan menggunakan Spectrophotometer ( Benzmeter) sehingga dapat dibandingkan kadar Amoniak (NH3) sebelum dan setelah dilakukan uji tanaman eceng gondok untuk mengetahui pengaruhnya.
2.      Uji Tanaman Eceng Gondok
Sampel tanaman eceng gondok yang telah disiapkan kemudian diuji dengan cara memasukkan kedalam masing-masing medium sesuai dengan jenis perlakuan tanaman eceng gondok  yang telah ditentukan, yaitu N1, N2 dan N3. Penentuan medium untuk masing-masing-masing perlakuan ditentukan secara acak dan dilakukan sebanyak tiga kali ulangan. Hasilnya terdapat pada gambar di bawah ini :

N2.2

N0.2
N3.2
N1.1

N.3.3

N2.3
N3.1
N2.1

N0.1

N1.2
N0.3
N1.3

         Gambar 2. Hasil Pengacakan dan Tata Letak Perlakuan
Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah penurunanan residu pestisida dalam air yang diukur melalui penurunan kadar Amoniak (NH3) pada masa 21 hari. Pengukuran dilakukan pada hari ke-7, hari ke-14, hari ke-21 sampai diperoleh data untuk semua  perlakuan.
3.      Penentuan Residu Pestisida diukur Melalui Kadar Amoniak (NH3)
a.       Penyiapan Alat dan Bahan
1)      Alat
a)      Spectrophotometer (Benz Meter)
b)      Pipet 10 ml
c)      Kuvet 10 ml
d)     Botol aquadest
2)      Bahan
a)      Ammonia Salicylate Reagent powder Pillow
b)      Aquadest
c)      Sampel air yang dicemari pestisida
b.      Penyediaan Sampel Air
Sampel yang dianalisa adalah air yang diambil dari medium yang telah diuji tanaman eceng gondok. Sampel diambil dengan cara memasukkan botol aquadest ke dalam air sampai botol tersebut terisi penuh kemudian botol diangkat dan ditutup rapat.
c.       Penyiapan Reagent Amoniak
Reagent yang dipakai pada penentuan kadar amoniak (NH3) dalam bentuk baku yaitu sachet yang langsung dibeli oleh BLHD
d.      Prosedur Kerja
1)      Tekan power pada alat Spectrophotometer (Benzmeter)
2)      Tekan nomor program 385 enter, layar akan menunjukkan dial pada 665 nm
3)      Putar Panjang gelombang hingga pada layar menunjukkan 655 nm
4)      Tekan enter, layar akan menunjukkan mg/L NH3-N Salic
5)      Masukkan Cell Riser dalam Spectrophotometer  (Benzmeter) untuk ukuran kuvet 10 ml
6)      Pipet 10 ml sampel yang akan dianalisa ke dalam kuvet
7)      Kuvet 10 ml aquadest kedalam kuvet (sebagai blanko)
8)      Tambahkan satu sachet Amonia kedalam sampel dan blanko, kemudian homogenkan
9)      Tekan Shift Timer, reaksi akan dimulai setelah 15 menit
10)  Setelah waktu tercapai, masukkan kuvet yang berisi blanko kedalam Spectrophotometer (Benzmeter), kemudian tutup
11)  Tekan ZERO, layar akan menampilkan 0,00 mg/L NH3-N Salic
12)  Setelah itu masukkan kuvet yang berisi sampel kedalam  Spectrophotometer (Benzmeter), kemudian tutup
13)  Tekan READ, catat analisa NH3-N yang ditunjukkan pada layar

D.    Teknik Pengumpulan Data
Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dengan melakukan pengamatan langsung pada tanaman eceng gondok  untuk mengetahui pengaruhnya terhadap penurunan residu pestisida yang diukur melalui penurunan kadar Amoniak (NH3) dalam air pada masa 21 hari.
E.     Teknik Analisis Data
Untuk mengetahui tingkat efesiensi dari sampel yang sedang diteliti, maka dilakukan analisis data yang diperoleh dari hasil pengamatan. Sedangkan untuk memudahkan dalam pengolahan data, maka dipergunakan pengujian dengan metode statistik, yaitu uji F  α 0,05 dimaksudkan untuk mengetahui apakah ada perbedaan penurunan residu pestisida yang diukur melalui penurunan kadar amoniak (NH3) dalam air di antara perlakuan, yang dilanjutkan dengan uji BNJ α 0,05 untuk mengetahui perlakuan yang memiliki pengaruh paling tinggi dalam menurunkan residu pestisida yang diukur melalui penurunan kadar amoniak (NH3) dalam air.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Defenisi dan Contoh Data Statistik

PROSES KOGNITIF KOMPLEKS

Formula Kekuatan Bicara Didepan Publik