Rahasia Menjadi Pribadi Dahsyat



 “Rahasia Menjadi Pribadi Dahsyat” judul buku karya Andreas Bordes ( Peak Performance Coach Indonesia) . Sejak awal sampai akhir, isi buku ini betul-betul mampu membuat saya termotivasi. Pertama menemukan buku ini saja, setelah membaca judulnya, saya langsung memantapkan hati untuk membelinya. Dan alhasil, buku ini telah menjadi salah satu koleksi buku terbaik saya.

Banyak pembahasan dalam buku ini yang begitu mengena dalam pribadi saya. Terdapat beberapa kalimat yang akhirnya saya kutip ke dalam postingan saya ini berikut ini. Karena saya rasa, kalimat tersebut adalah kalimat DAHSYAT, yang layak untuk dibagi agar kita semua dapat menjadi pribadi yang dahsyat.

  • SUKSES berawal dari ALASAN, setelah memiliki alasan yang kuat, kita harus memiliki TUJUAN. Jika tidak memiliki tujuan, kita tak ubahnya orang yang hanyut dalam sungai, yang tidak “berdaya” untuk menyelamatkan diri, hingga akhirnya kita terbawa ke laut, tenggelam dan mati.
  • Jika orang lain ingin menghambat – atau bahkan menjatuhkan – Anda dalam mewujudkkan tujuan Anda. Lebih baik Anda menjawabnya dengan membuktikan bahwa Anda sungguh-sungguh bisa mewujudkan apa yang Anda cita-citakan. Ingat, orang lain boleh “mengerdilkan” impian Anda, tetapi jangan sampai Anda mengerdilkan impian Anda  Sendiri.
  • Saat memiliki impian, kadang yang menjadi permasalahannya adalah fakta bahwa umumnya kita seolah tak berdaya ketika memiliki impian yang besar. Jawabannya adalah dengan membagi impian besar tersebut menjadi impian-impian kecil dan menindaklanjutinya dengan tindakan nyata.
  • Kekuatan sebuah keyakinan; “Apa yang Anda yakini, itulah yang terjadi’. Namun, yang menjadi masalah adalah fakta bahwa umumnya kita memiliki keyakinan negatif. Dan nyatanya, semua keyakinan negatif yang menghambat itu bisa diubah menjadi keyakinan positif.
  • Salah satu cara untuk mendapatkan strategi yang tepat guna meraih kesuksesan adalah dengan menerapkan metode trial and error. Mencoba sebuah strategi dan menggantinya dengan strategi lain jika gagal, dan begitu seterusnyan hingga akhirnya menemukan strategi yang membuahkan kesuksesan.
  • Kita tidak selalu mendapatkan apa yang kita inginkan, sehingga kehidupan kita tidak selalu dahsyat dan berjalan lancar. Namun hal itu tidak serta merta berarti bahwa kita tidak bisa maju.
  • Kita harus menganggap kegagalan atau cobaan yang kita alami dalam hidup sebagai cambuk untuk bangkit dan menjadi pribadi yang jauh lebih dahsyat ketimbang sebelumnya.
  • Hapus lagu-lagu galau yang Anda miliki. Mengapa? Karena, secara tidak langsung, lagu galau memperogram alam bawah sadar Anda untuk menjadi lemah, galau, atau tak berdaya. Sadari bahwa sesungguhnya sebuah lagu bisa memperogram diri Anda.
  • Untuk mendapatkan hasil yang positif, kita harus memiliki kebiasaan yang positif. Untuk mendapatkan kebiasaan positif, kita harus memiliki perilaku yang positif. Dan untuk mendapatkan perilaku yang positif, kita harus memiliki pikiran yang positif.
  • Sifat keajaiban air, yaitu : sifat air dapat berubah-ubah, tergantung pada perasaan manusia yang ada di sekitarnya. Partikel kristal air akan menjadi “indah” jika mendapat reaksi positif. Sebaliknya partikel kristal air akan menjadi “jelek” jika mendapat reaksi negatif. Tahukah Anda, hampir 80% tubuh kita terdiri dari air. Merujuk pada fakta tersebut, kita bisa membayangkan apa yang akan terjadi pada kristal air yang ada dalam tubuh kita jika kita terbiasa berkata –kata buruk atau kotor. Karenanya alangkah baiknya jika kita membiasakan diri menggunakan kata-kata  positif, baik pada diri sendiri ataupun orang lain. Percayalah, jika kita terbiasa menggunakan kata-kata positif, kita akan menjadi pribadi yang lebih positif, lebih bersemangat dalam menjalani hidup, dan membuat orang-orang di sekiar kita merasa lebih baik.
  • Apakah Anda sering kehabisan waktu? Apakah Anda merasa bahwa hidup Anda terbelenggu oleh beragam aktivitas dan Anda tidak diperkenankan istirahat barang sebentar saja? Sesungguhnya dibalik keluhan tentang keterbatasan waktu untuk mengerjakan hal-hal penting, kita memiliki waktu untuk melakukan hal-hal yang kurang penting.
  • Konsep sapi ungu diciptakan oleh Seth Godin, menegaskan bahwa “ Untuk mendapatkan perhatian orang lain kita harus tampil berbeda”. Kita tak perlu melakukan hal bodoh, apalagi konyol, kita hanya perlu menjadi pribadi yang kreatif untuk menjadi berbeda dan merebut perhatian orang lain.    
  • Bisakan diri untuk mengerti orang lain terlebih dahulu sebelum meminta orang lain untuk mengerti diri kita. Dengan memahami orang lain, orang lain akan mudah memahami kita.
  • Kita tak perlu bicara untuk menunjukkan kehebatan kita hanya untuk membuat orang lain mengagumi kita. Lebih baik diam, dan tunjukkan kehebatan kita melalui prestasi. Akan jauh lebih dahsyat jika orang lain mengungkapkan kehebatan kita, bukan kita. Hal itu akan jauh lebih bermakna, ketimbang kita yang melakukannya untuk diri kita sendiri.
  • Jika ingin menuai kebaikan, kita harus rajin menanam kebaikan. Jika kita menanam sesuatu yang baik, kita pasti akan menanam suatu hal yang baik pula. Dan, jika kita belum menuai hasilnya, berarti buahnya masih belum dipetik. Namun, percayalah, suatu saat nanti kita akan menuai buahnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Defenisi dan Contoh Data Statistik

PROSES KOGNITIF KOMPLEKS

Formula Kekuatan Bicara Didepan Publik