Contoh Sederhana RPP Bidang Ilmu Biologi

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan telah dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.
Berikut Contoh Sederhana Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

A.   IDENTITAS MATA PELAJARAN  

1.  Mata Pelajaran   : Biologi 
2.  Kelas/Semester  : X/Ganjil 
3.  Materi Pokok       : Jamur  
4.  Pertemuan Ke     : 8  
5.  Alokasi Waktu     : 2 X 45 Menit
    B.   STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR
          1.  STANDAR KOMPETENSI
        Memahami prinsip-prinsip pengelompokan mahluk hidup
          2.  KOMPETENSI DASAR
               Mendeskripsikan ciri - ciri jamur berdasarkan pengamatan
          3.  INDIKATOR
               Menjelaskan ciri-ciri umum dalam kingdom  Fungi

    C.   TUJUAN 

    1.  Siswa dapat menjelaskan pengertian dari Fungi atau jamur 
    2.  Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri umum dan struktur jamur 
    3.  Siswa dapat menjelaskan pembagian kelompok jamur

      D.   MATERI PEMBELAJARAN
      Ciri-ciri dan pengelompokan pada jamur

      E.    METODE PEMBELAJAR

      1. Ceramah 
      2. Tanya jawab  
      3.  Penugasan
        F.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
             1.  KEGIATAN AWAL ( 10 MENIT )
        ·     Apersepsi : Guru mengingatkan kembali pejaran yang telah dipelajari pada           pertemuan yang lalu
        ·     Motivasi   : Guru mengajukan beberapa pertanyaan yang mengarahkan siswa pada materi pelajaran yang akan dipelajari
        Ø  Pernahkah anda mendapatkan nasi yang telah tinggal    beberapa hari tidak dimakan berwarna orange dan tampak adanya benang-benang halus di atasnya ?
        Ø  Taukah anda penyebab terjadinya hal tersebut ?
               2.  KEGIATAN INTI ( 55 MENIT )
        ·         Guru menyajikan informasi singkat
        ·         Guru melakukan tanya  jawab dengan siswa mengenai pengertian jamur
        ·         Setelah itu,Siswa menyebutkan ciri-ciri umum jamur
        ·    Selanjutnya Guru membimbing siswa mendeskripsikan struktur tubuh jamur dengan menggunakan gambar
        ·         Guru menjelaskan pembagian kelompok jamur yang terdiri dari empat golongan
               3.  KEGIATAN AKHIR ( 25 MENIT )
        ·         Guru bersama siswa membuat kesimpulan
        Kesimpulan :
        Ø Pengertian jamur , organisme tidak berklorofil,berbentuk hifa atau sel eukariota,berdinding sel kitin atau selulosa serta berproduksi secara seksual dan aseksual
        Ø     Ciri-ciri jamur
        1)    Tidak berklorofil sehingga bersifat autotrof
        2)    Bersifat eukarion
        3)    Ada yang uniseluler dan ada yand  multiseluler
        4)    Dinding sel tersusun atas zat kitin atau selulosa
        5)   Hidup sebagai parasit, saprofit dan ada pula yang bersimbiosis dengan mahluk lain
        6)  Habitat umumnya di tempat lembab yang bersifat asam dan kurang cahaya
        Ø  Struktur tubuh jamur
        1)   Jamur uniseluler,diameter berkisar 1 – 5 mikrometer,dan panjangnya 5 – 30 mikrometer terdiri dari : dinding sel, membran sel, nukleus, vakuola, dan sitoplasma.
        2)    Jamur multiseluler, terdiri dari benang-benang atau hifa yang berdiameter 5 – 10 mikrometer terdiri dari : dinding sel, nukleus, vakuola, pori-pori, septa
        Ø  Pembagian jamur,jamur terdiri atas empat golongan yaitu Zygomicotina, Ascomycotina, Basidiomycotina, dan eutromycotina.
        ·         Guru memberikan instrumen hasil belajar berupa LKS

        G.   SUMBER/ALAT/BAHAN PEMBELAJARAN
              1.   Sumber :
        Ø  Buku paket Sains BIOLOGI 1,yudiatira
        Ø  Modul biologi X,HTS
               2.  Alat
        Ø  Komputer/LCD
               3.  Bahan
        Ø  Gambar
        Ø  LKS

        H.   PENILAIAN
              1.   Jenis Penilaian
        Ø  Sikap siswa saat proses pembelajaran ( ranah afektif )
        Ø  Penilaian istrumen hasil belajar berupa LKS (ranah kognitif ) dengan soal  sebagai berikut :
        1)    Apakah pengertian dari jamur ?
        2)    Tuliskan ciri-ciri umum jamur !
        3)    Sebutkan struktur tubuh pada jamur uniseluler dan jamur multiseluler !
        4)    Tuliskan dan jelaskan secara singkat golongan yang termasuk dalam  kelompok jamur !
               2.  Tindak Lanjut
        Ø  Siswa dinyatakan lulus apabila mendapat nilai 75
        Ø  Siswa yang tidak lulus dibeli tugas pengulangan.

               

        Komentar

        Postingan populer dari blog ini

        Defenisi dan Contoh Data Statistik

        PROSES KOGNITIF KOMPLEKS

        Formula Kekuatan Bicara Didepan Publik