Tips Dan Trik Membuat Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae)
Tips & Trick Membuat/Menulis
Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae atau Resume)
Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae atau Resume)
Format Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup
atau sering disebut Resume, di setiap negara berbeda-beda. Hal ini karena
dipengaruhi oleh budaya, kebiasaan, pandangan politik, juga aturan main yang
berbeda-beda.
Sebagai contoh, untuk resume standar di Amerika
Serikat (USA) tidak perlu mencantumkan hal-hal yang dianggap sangat pribadi
seperti foto, status perkawinan, tempat dan tanggal lahir.
Sedangkan di Indonesia justru sebaliknya, dalam
membuat CV atau Daftar Riwayat Hidup, justru wajib mencantumkan status
perkawinan, tempat dan tanggal lahir, serta melampirkan foto.
Berikut ini beberapa hal yang hendaknya diperhatikan
dalam membuat Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup, atau Resume
untuk perusahan/instansi/lembaga di Indonesia (baik untuk perusahaan/lembaga
lokal, nasional, maupun internasional).
A. Urutan Penulisan Curriculum Vitae (Resume, Daftar
Riwayat Hidup)
1. Identitas (Data Pribadi)
Cantumkan
identitas anda dengan jelas, seperti : Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Tempat dan
Tanggal Lahir, Kewarganegaraan, Agama, Status Perkawinan, Tinggi dan Berat
Badan, Alamat Lengkap, Telepon & HP, serta e-mail (bila ada). Khusus untuk
e-mail, sebaiknya anda memilikinya. Jika tidak memilikinya, anda dapat membuat
alamat email di Gmail, Yahoo, atau Hotmail (silakan
klik) atau yang lainnya.
2. Pendidikan
Cantumkan
pendidikan formal dan pelatihan/kursus yang pernah anda ikuti; lengkap dengan
tahun masuk dan tahun lulus, jurusan, jenjang studi, dan nama lembaganya.
Urutannya dimulai dari pendidikan formal terlebih dulu, baru kemudian
pendidikan non formal (pelatihan, kursus, dsb).
3. Kemampuan
Uraikan
secara singkat kemampuan anda yang relevan dengan bidang pekerjaan yang
dilamar. Misalkan anda melamar kerja di bidang akuntansi, maka jelaskan secara
singkat bahwa anda memahami akuntansi dan administrasi, sistem perpajakan,
biasa bekerja menggunakan komputer, dsb-nya. Tentu saja kemampuan-kemampuan
yang anda tulis/cantumkan tersebut harus benar-benar anda miliki. Jangan
mencantumkan kemampuan yang tidak anda miliki.
4. Pengalaman kerja
Cantumkan
deskripsi singkat tentang pekerjaan anda pada perusahaan sebelumnya, lengkap
dengan pangkat, jabatannya, jenis pekerjaan, prestasi (bila ada), tanggung
jawab dan wewenang pekerjaan. Serta periode kerja, yaitu bulan dan tahun mulai
menempati dan mengakhiri posisi tersebut. Urutannya dimulai dari pekerjaan
(atau jabatan atau posisi) terakhir.
5. Pengalaman Organisasi (bila ada)
Cantumkan
pengalaman organisasi yang relevan (sesuai atau berhubungan) dengan jenis
pekerjaan yang anda lamar tersebut. Bila tidak ada yang relevan, lewati saja
nomor 5 ini.
6. Referensi Kerja (bila ada)
Bila
memungkinkan, cantumkan referensi, yaitu orang yang bisa dihubungi oleh pihak
penyeleksi lamaran kerja untuk menanyakan hal-hal penting seputar diri anda
(biasanya nama atasan dimana anda bekerja sebelumnya).
Penting : Dalam hal pencantuman nama orang
yang akan dijadikan referensi, anda harus sangat yakin bahwa orang tersebut
benar-benar mengetahui tentang anda serta akan memberikan informasi positif
mengenai diri anda. Seandainya anda ragu-ragu bahwa orang tersebut akan
memberikan informasi positif tentang anda, maka anda tidak perlu mencantumkan
referensi kerja tersebut (lewati saja yang nomor 6 ini).
7. Pengalaman lain yang menunjang (bila ada)
Cantumkan
pengalaman lain yang menunjang "promosi anda". Dan sebaiknya yang
relevan dengan jenis pekerjaan yang anda lamar tersebut. Jika anda melamar
untuk posisi pemrogram komputer, maka pengalaman anda sebagai Ketua RW atau
juara bulutangkis, tentunya tidak relevan. Jadi bila tidak ada yang relevan,
lewati saja nomor 7 ini.
B. Kertas, Huruf, Foto, Dokumen Pendukung
1. Gunakan kertas putih polos
CV hendaknya
polos tidak menggunakan background image (dasar bergambar). Sebaiknya jangan
menggunakan form CV yang dijual di toko-toko.
2. Diketik dengan huruf standar surat resmi
CV jangan
ditulis tangan, namun diketik. Gunakan huruf dengan ukuran dan jenis standar
(warna hitam), contohnya font jenis Arial atau Times New Roman.
3. Foto terbaru
Lampirkan
pas foto terbaru ukuran 3x4 atau 4x6. Sebaiknya gunakan pas foto berwarna, dan
berpakaian resmi (misalkan jas lengkap dengan dasi).
4. Dokumen pendukung
Lampirkan
dokumen atau bukti-bukti tentang hal-hal yang dituliskan dalam CV (resume),
seperti ijazah, transkrip nilai, sertifikat atau penghargaan, dsb (dokumen
pendukung tersebut dalam bentuk photocopy). Agar dokumen pendukung yang
dilampirkan tidak terlalu banyak, sebaiknya anda menyeleksi/menyortir dokumen
mana yang paling penting dan relevan untuk dilampirkan.
Penting : Bila transkrip nilai anda tidak
bagus, maka anda tidak perlu melampirkannya. Karena CV atau resume
tersebut merupakan promosi diri anda. Namun, seandainya perusahaan
penerima kerja meminta/mensyaratkan untuk melampirkan transkrip nilai, barulah
anda "terpaksa" melampirkannya. Sebaliknya jika transkrip nilainya
bagus, anda justru harus melampirkannya.
Beberapa Saran Penting
Jujur, Jangan Berbohong
Ingat,
jangan sekali-kali menuliskan pada CV anda suatu pengalaman yang anda sendiri
tidak mengalaminya. Memang seseorang terkadang merasa gengsi dengan pengalaman
yang dia miliki, karena merasa kalah pengalaman. Percayalah pada diri anda
sendiri bahwa anda mempunyai kelebihan yang orang lain tidak punya.
Jumlah Halaman
Pada umumnya
CV hanya terdiri dari 1 (satu) atau 2 (dua) halaman. Namun jika memang riwayat
pekerjaan/karir anda sangat banyak, juga pendidikan/kursus/pelatihan anda
sangat banyak. Dan anda menganggap bahwa itu penting untuk ditampilkan, maka
anda boleh menambahkannya menjadi 3 (tiga) halaman CV sebagai lampiran Surat
Lamaran Kerja, tidak masalah.
Tetapi khusus untuk Surat Lamaran Kerja, tetap upayakan 1 (satu) halaman.
Tetapi khusus untuk Surat Lamaran Kerja, tetap upayakan 1 (satu) halaman.
Tata Bahasa, Tanda Baca, dan Ejaan
Tidaklah
dibenarkan jika dalam resume terjadi kesalahan-kesalahan menyangkut tata
bahasa, tanda baca, dan ejaan. Bacalah kembali tata bahasa di buku atau Kamus
Bahasa Indonesia.
Jika anda menulis CV dalam Bahasa Inggris, dan anda belum yakin, maka cobalah minta dicek kembali atau di-review oleh teman/kerabat yang menguasai Bahasa Inggris tersebut.
Jika anda menulis CV dalam Bahasa Inggris, dan anda belum yakin, maka cobalah minta dicek kembali atau di-review oleh teman/kerabat yang menguasai Bahasa Inggris tersebut.
Eksplisit (Gamblang, Jelas)
Jangan
membuat orang yang membaca CV atau resume anda mengintepretasikan atau
mengartikan hal yang berbeda. Contoh sederhana : Di CV pada bagian
pendidikan, anda menuliskan Sarjana Akuntansi Universitas Pancasila, dan tidak
menambahkan nama kota lokasinya. Jangan berasumsi bahwa pembaca pasti tahu
Universitas Pancasila itu ada di Jakarta. Oleh karena itu tambahkan nama kota
dibelakangnya, misalkan Sarjana Akuntansi Universitas Pancasila - Jakarta.
Mudah Dibaca dan Mudah Dicerna
CV yang
dibuat secara kacau-balau menggambarkan pikiran yang tidak jernih dan
ketidakmampuan penulis dalam menuangkan isi hatinya. Oleh karena itu sangat
penting membuat CV yang mudah dibaca, mudah dicerna, urutannya jelas, dan
logis. Bila perlu bagian-bagian atau kata-kata yang anda anggap sangat penting
untuk ditonjolkan, dapat ditulis dengan huruf tebal (bold). Namun jangan
terlalu banyak bagian yang ditebalkan, sehingga tidak terlihat lagi bagian yang
sangat penting tersebut.
Berikut
Contoh Daftar Riwayat Hidup ( Curiculum Vitae )
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
Data Pribadi :
Nama :
Surianto Jaya
Jenis kelamin :
Laki-laki
Tempat, tanggal lahir :
Nipa Panjang, 14 Mei 1986
Kewarganegaraan :
Indonesia
Status perkawinan :
Single
Tinggi, berat badan :
173 cm / 50 kg
Agama :
Islam
Alamat lengkap :
Jl. Mesjid Raya No. 86 Sengkang
Telepon / HP :
Telp. (0485) 21179 / HP. 085696775051
Email : Suriantojaya@ymail.com
Pendidikan :
1994 - 1999 :
SDN 304 Temmabarang
1999 – 2002 :
SMPN 3 Sajoanging
2002 – 2005 :
SMAN 1 Majauleng
2007 – 2011 : S.1 YAYASAN STKIP PRIMA SENGKANG
Kemampuan :
1.
Kemampuan Komputer ( MS. Word, MS. Excel, MS. Power Point )
2.
Kemampuan Internet
Pengalaman
Kerja :
Bekerja di Toko Arma Lama
Sengkang
Periode : Maret 2006 – Februari 2012
Posisi : Tenaga Pembelian dan Penjualan Barang
Uraian Singkat Pekerjaan
·
Mengontrol Persediaan dan Harga Barang.
·
Mengontrol Nota Pembelian dan Penjualan Barang.
·
Melakukan Order Barang Via Internet ( Email )
·
Turut Membantu Training Karyawan Baru
Sumber : Yayasan KPT, Hilmy AAP, CV. Flamboyan, Anna T. Yuliati, dsb
Disadur dari Blog Bursa-Kerja.ptkpt.net
Disadur dari Blog Bursa-Kerja.ptkpt.net
Komentar
Posting Komentar