Tips Dan Trik Membuat Surat Lamaran Kerja
Artikel ke 1
Surat
lamaran pekerjaan (kerja) dapat dibuat dengan dua cara yaitu:
- Surat lamaran pekerjaan yang digabungkan dengan riwayat hidup (resume, curriculum vitae). Dalam model ini riwayat hidup termasuk isi surat. Karena isinya berupa gabungan, model ini juga disebut model gabungan
- Surat lamaran yang dipisahkan dari riwayat hidup. Dalam model ini riwayat hidup merupakan lampiran. Karena itu model ini juga disebut model terpisah. Model terpisah ini lebih banyak dipakai. Walaupun dalam pembuatannya memerlukan dua kali kerja, namun surat lamaran model ini lebih digemari oleh pencari kerja karena suratnya tidak panjang.
Isi surat
lamaran harus singkat, padat, tidak bertele-tele, langsung mengenai
persoalannya.
Yang dikemukakan ialah semua hal yang disyaratkan oleh lowongan jabatan yang bersangkutan.
Yang dikemukakan ialah semua hal yang disyaratkan oleh lowongan jabatan yang bersangkutan.
Yang harus
diperhatikan dalam menulis surat lamaran pekerjaan adalah :
1. Data
pribadi pelamar yang meliputi :
- Nama Lengkap
- Tempat dan Tanggal Lahir
- Alamat
- Telepon dan/atau HP
- E-mail (bila ada, tidak wajib)
- Status Perkawinan
Khusus untuk Nomor Telepon atau
Nomor HP tersebut di atas, jangan lupa untuk menuliskannya. Karena
perusahaan penerima lamaran anda akan dapat langsung dan dengan cepat
menghubungi anda.
Bila anda tidak memiliki Telp/HP, maka gunakan Telp/HP tetangga/family/rekan anda.
Hal ini kelihatannya remeh padahal SANGAT PENTING, terutama untuk perusahaan yang sebenarnya hanya membutuhkan tambahan satu atau beberapa pegawai saja.
Bila anda tidak memiliki Telp/HP, maka gunakan Telp/HP tetangga/family/rekan anda.
Hal ini kelihatannya remeh padahal SANGAT PENTING, terutama untuk perusahaan yang sebenarnya hanya membutuhkan tambahan satu atau beberapa pegawai saja.
2.
Pendidikan
- Pendidikan formal misalnya SD/SMP/SMA/Akademi/S1, dsb.
- Pendidikan non formal yaitu kursus-kursus atau pelatihan yang pernah diikuti
3.
Pengalaman bekerja
- Jika telah memiliki pengalaman kerja, sebutkan dalam surat lamaran, apakah sesuai dengan jabatan yang dilamar atau di bidang lain. Bila belum pernah bekerja sebaiknya menyebutkan kemampuannya untuk jabatan yang dilamar berdasarkan kemampuan yang dimilikinya itu.
4. Lampiran
Surat Lamaran Pekerjaan
Lampiran adalah segala sesuatu yang
disertakan dalam sebuah surat lamaran dengan maksud untuk mempertegas atau
memperkuat surat tersebut sebagai bahan pertimbangan bagi pihak badan usaha
atau instansi yang menawarkan pekerjaan.
- Daftar Riwayat Hidup atau CV (Curriculum Vitae) atau Resume
- Foto copy Ijazah terakhir
- Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
- Pas Foto terbaru
- Surat Keterangan Catatan Kepolisian (tidak wajib, namun bila ada, lebih baik)
- Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter (tidak wajib, namun bila ada, lebih baik)
Sumber :
Recruitment Rizki AAP, Arif Budiman's Weblog, Sri Wahyuningsih
Artikel ke 2
Berdasarkan riset sosial tentang
kemampuan membuat surat lamaran kerja, ada beberapa kesalahan yang kadang
terjadi. Sehingga sudah ribuan lamaran kerja anda kirimkan, namun belum ada
balasannya. Mungkin salah satu tips di bawah ini adalah masalahnya.
1. JANGAN
TERLALU BERTELE-TELE
Saya sangat tertarik dengan iklan
yang dimuat. Oleh karena itu saya bermaksud untuk melamar pekerjaan tersebut. Juga
sekalian harapan saya, dengan surat lamaran ini kita bisa mempererat tali
silaturahmi antara kita berdua. Bukankah dalam agama pun telah diterangkan
betapa pentingnya arti sebuah silaturahmi .... ................................
2 BAHASANYA
JANGAN SOK GAUL
Dengan hormat banget , boss !!! Halo
boss, capee deeehhh !!! apa kabar nich.....? Saya mo ngelamar kerja nich..boleh
dong... Please...boleh ya......... ................................
3 BAHASANYA
JANGAN SOK PREMAN
Gue pernah kerja di kantor bokap,tapi
gue dikeluarin, setan banget deehhh !! Sekarang
gue ngelamar erja di kantor elo, ga usah khawatir soal jabatan deh..... Ok deh
!! gue tunggu panggilan kerja dari elo.
......................................
......................................
4 BAHASANYA
JANGAN SOK AKRAB
Dengan hormat, Hai apa kabar nih?
baik-baik aja kan ? Saya juga ketika menulis surat ini dalam keadaan sehat wal
afiat. Semoga Bapak juga baik-baik aja seperti saya disini. Ngomong- ngomong gimana
kabar anak-anak, sehat kan ? Istri pasti makin cantik aja.....salam aja ya buat
mereka.Oya .. hampir lupa, saya bermaksud melamar pekerjaan pada perusahaan
Bapak, bisa kan ?................................
5 JANGAN
TERLALU BANYAK MENGGUNAKAN SINGKATAN
Dgn Hrmt. Ttrk dgn ikl lwg krj yg
dmt pd srt kbr edisi sls. Sy brmskd
mengisi lwg yg bpk bthkn.
Dri thn 1999 - 2004, sy tlh bkj di aptk km farma, di bag cln srv. ...............................
Dri thn 1999 - 2004, sy tlh bkj di aptk km farma, di bag cln srv. ...............................
6. Jika
tidak diminta, JANGAN MENENTUKAN GAJI
Untuk posisi manajer, saya minta
gaji per bulan, 20 juta saja. Untuk posisi pengawas lapangan, saya rasa cukup 2
juta per bulan. Bila sebagai staf biasa .... gratis deh. ................................
Sumber : Wan
Abud, flamboyan.co.id
Artikel ke 3
Pada divisi
bidang HRD atau rekrutmen di berbagai perusahaan, menerima surat lamaran
merupakan menu sehari-harinya. Surat lamaran tersebut, baik yang dikirimkan
melalui pos atau email, jumlah rata-ratanya bisa 10 s/d 1000 surat per hari
(tergantung besar kecilnya perusahaan). Waktu yang terbatas dan pemenuhan
kebutuhan perusahaan yang mendesak (speedy customer service) menuntut
divisi bidang tersebut untuk mampu mengambil keputusan dengan cepat dan cermat
dalam melakukan sortir dan seleksi.
Surat
lamaran sepintas terlihat mudah dan tidak terlalu penting. Namun menulis surat
lamaran sebenarnya memerlukan etika. Sebab isi surat lamaran dan kelengkapannya
mencerminkan sikap dan kepribadian anda.
Beberapa hal
yang penting untuk diketahui berkaitan dengan penulisan surat :
1. Surat
yang efektif
Surat atau email tidak hanya
berfungsi sebagai �duta� bagi si pengirim, namun harus mampu menarik perhatian
si penerima dengan efektif. Jika surat ditulis secara efektif, kemungkinan
untuk mendapatkan balasan yang cukup baik akan semakin besar. Ingat, begitu
anda menerima panggilan untuk tes atau interview, berarti anda telah meraih
sukses dalam point ini.
2.
Perhatikan komposisi surat
Surat lamaran yang baik tentunya
memiliki isi yang berkesinambungan. Bila anda mencantumkan posisi yang anda
kehendaki, tunjukkan jati diri anda. Jangan sampai perekrut menilai anda
plin-plan setelah membaca surat lamaran anda.
3. Batasi
isi surat anda
Bayangkan bahwa penerima surat anda
adalah orang yang sibuk. Selain ia harus menyortir lamaran yang masuk, ia harus
mengambil keputusan dengan cepat siapa yang �qualified�, siapa yang tidak. Buatlah surat
lamaran yang ringkas dan padat tapi tepat sasaran.
4. Bahasa
surat
Ingatlah bahwa anda bukan tengah
menulis surat cinta, tetapi surat lamaran kerja yang akan menentukan masa depan
anda. Gunakanlah bahasa yang benar, sopan dan mudah diingat. Penting untuk
dicatat, bahasa mencerminkan kepribadian anda.
5. Posisi
yang sesuai untuk anda
Sebaiknya anda jangan
membuang-buang waktu untuk melamar posisi yang tidak sesuai dengan minat, bakat
dan kemampuan anda. Fokuskan waktu dan energi anda untuk posisi yang mendekati
kualifikasi anda. Dengan demikian anda telah �bekerjasama� dengan
perekrut dalam penentuan karir anda.
6. Lakukan
pengulangan
Sempurnakan surat lamaran anda
berdasarkan pengalaman, misalnya mengedit beberapa bagian setelah anda diundang
untuk tes atau interview. Setiap kali anda selesai mengikuti kegiatan seperti Training
atau Seminar, anda bisa tambahkan sebagai referensi untuk mendukung kualifikasi
anda.
7. Anda
punya "network" ?
Sebutkan saja. Bila anda mengenal
dengan baik pihak-pihak yang bidangnya relevan dengan posisi yang sedang anda
lamar, tidak ada ada salahnya anda jadikan sebagai referensi. Biasanya
perusahaan-perusahaan tertentu akan melakukan �cross-check� dan tentunya referensi anda akan memiliki nilai tersendiri.
8. Evaluasi
Tiap kali anda mengirimkan surat
lamaran, tidak ada salahnya jika anda membuat salinan atau �copy�nya. Berikan catatan jika ternyata anda dipanggil, tes
apa yang diberikan dan bagaimana dengan interviewnya. Evaluasi kelebihannya,
untuk anda tingkatkan, dan pelajari kekurangannya untuk anda perbaiki.
Artikel ke 4
Banyak
perusahaan yang memandang surat lamaran atau cover letter sebagai bagian
terpenting dari seluruh dokumen lamaran anda. Karena itu penting sekali bagi
anda untuk menuliskan surat lamaran yang baik.
1. Kesan
Individual
Jika anda berencana mengirimkan
lamaran ke berbagai perusahaan pastikan anda menuliskan nama perusahaan yang
benar pada surat lamaran anda. Selain itu perlu juga anda membuat surat lamaran
yang ditujukan pada seseorang. Gunakan nama dan jabatan yang spesifik jika
mungkin.
Di Internet tersedia banyak contoh surat lamaran. Jangan hanya mengkopi contoh-contoh tersebut. Ubahlah sesuai dengan keperluan anda.
Di Internet tersedia banyak contoh surat lamaran. Jangan hanya mengkopi contoh-contoh tersebut. Ubahlah sesuai dengan keperluan anda.
2. Singkat,
Padat, dan Jangan bertele-tele
Tuliskan surat anda dengan singkat
dan padat. Gunakan bahasa yang mudah. Gunakan kata-kata yang biasa dipakai
(umum). Tidak perlu berusaha untuk mengesankan pembaca anda dengan menggunakan kata-kata
yang sulit. Jangan menulis surat lamaran anda lebih dari satu halaman.
Perusahaan mungkin menerima belasan bahkan ratusan surat lamaran. Surat lamaran
yang terlalu panjang tidak efektif.
3. Rapi dan
Bersih
Sedapat-dapatnya gunakan program
komputer untuk menuliskan surat lamaran anda. Dengan begitu anda dapat
menuliskan surat lamaran yang rapi dan bersih sehingga mudah dibaca.
Hindari menulis surat lamaran dengan tulisan tangan. Hindari menggunakan tip-ex atau sejenisnya dalam surat lamaran anda.
Hindari menulis surat lamaran dengan tulisan tangan. Hindari menggunakan tip-ex atau sejenisnya dalam surat lamaran anda.
4. Isi
Dalam surat lamaran anda, ada
beberapa hal yang perlu dituliskan :
Pembukaan : Sebutkan dimana anda mendapatkan informasi tentang
lowongan kerja tersebut. Contohnya, anda bisa menyebutkan bahwa anda mengetahui
lowongan kerja tersebut dari iklan di surat kabar, iklan di Internet, atau dari
seorang teman anda.
Pekerjaan anda sekarang : Ceritakan secara singkat posisi dan bidang pekerjaan
anda saat ini. anda juga perlu menceritakan secara singkat pencapaian utama
anda dalam pekerjaan tersebut. Agar memberikan gambaran yang lebih baik,
berikan informasi secara kuantitatif. Misalnya, "Saya membawahi lima orang
junior manager". Yang perlu anda perhatikan di sini, tuliskan hanya
hal-hal yang relevan dengan pekerjaan yang anda lamar. Baca dengan baik
persyaratan yang dibutuhkan dalam iklan lowongan pekerjaan tersebut. Jika
pekerjaan yang anda lamar adalah di bidang marketing research, anda mungkin
tidak perlu menceritakan pencapaian anda di bidang logistik.
Pendidikan : Jika latar belakang pendidikan perlu diinformasikan,
tuliskan secara singkat pendidikan tertinggi anda. Jika anda pernah mendapatkan
pendidikan di sekolah yang cukup dikenal, ada baiknya anda menuliskannya di
surat lamaran.
Penutup : Dalam penutup ingatkan pembacanya bahwa anda mempunyai
keinginan kuat untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Ada baiknya anda
menyatakan kapan saat terbaik anda bisa dihubungi untuk proses selanjutnya. Dan
jangan lupa ucapkan "Terima kasih".
5. Proof
Read
Proof read artinya membaca kembali seluruh tulisan anda dan
memastikan semuanya sudah benar. Pastikan tidak ada kesalahan pengejaan, tidak
ada kata-kata yang diulang atau repetitif, dan tata bahasa (grammar) yang
digunakan sesuai. Dalam program MS Word anda bisa menggunakan spell dan grammar
checker, gunakanlah. "Suatu kesalahan dalam ejaan saja bisa menyebabkan
anda kehilangan kesempatan yang penting untuk memperoleh pekerjaan".
Sumber :
infokerjas.blogspot.com
Artikel ke 5
Berikut ini
adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat lamaran yang
baik.
1. Impresif
Tampilkan jati diri kita secara
menarik. Isi surat hendaknya dapat memunculkan kesan simpatik, tidak terlalu
arogan tetapi juga tidak terlalu merendah.
2. Menarik
minat calon atasan
Kesan pertama sangat penting.
Usahakan untuk menyusun surat yang ketika seseorang mulai membacanya, akan
langsung tertarik untuk mengetahui lebih lanjut seperti apakah kriteria kita
3.
Menyebutkan kualifikasi yang diraih
Prestasi kerja maupun pengalaman
yang sukses harus disebutkan, untuk menunjukkan bahwa kita mempunyai prestasi
dan pengalaman yang patut dipertimbangkan.
4.
Menggunakan bahasa yang enak dibaca, ringkas dan padat
Gunakan bahasa yang sederhana dan
ringkas. Kita mempunyai kesempatan untuk menjabarkan semuanya dalam kesempatan
wawancara. Untuk saat ini, buatlah penjelasan yang singkat tetapi efektif.
5. Kalimat
yang efektif
Hindari kalimat yang tidak efektif,
kalimat yang diulang-ulang tanpa alasan, ejaan yang salah, maupun penggunaan
tata bahasa yang buruk. Yang sering terjadi adalah penggunaan kata keterangan
yang berulang-ulang, atau kata sambung yang berulang-ulang, yang menyebabkan
kalimat terasa janggal, yang persis seperti kalimat yang sedang anda baca saat
ini, yang menggunakan kata sambung "yang" secara berulang-ulang dan
berlebihan.
6. Bahasa
Indonesia saja
Jika tidak diminta, hindari
penggunaan bahasa Inggris, terutama jika kemampuan bahasa Inggris kita kurang
baik. Jika bahasa Inggris kita bagus, boleh saja membuat surat lamaran
berbahasa Inggris, yang tentu saja merupakan sebuah "nilai plus" bagi
kita.
7. Tujuan
dan alasan melamar.
Cantumkan tujuan dan alasan kita
melamar. Biasanya tujuan yang sering disebutkan dalam surat lamaran adalah
bahwa kita mempunyai kemampuan dan pengalaman yang memadai dalam bidang
pekerjaan tertentu, dan dengan bergabungnya kita ke suatu perusahaan akan dapat
memberikan kontribusi yang berharga bagi perusahaan tersebut.
8.
Kerapihan.
Gunakan kertas yang bagus, bersih
dan rapih, tidak kusut, tidak tebal dan tidak mudah terkoyak. Jangan menulis
atau mencetak dengan tinta yang terlalu tipis agar surat lamaran mudah dibaca,
dan hindari penggunaan tippex.
9. Tulis
tangan atau komputer ?
Lebih baik menggunakan komputer,
kecuali perusahaan yang kita tuju mensyaratkan agar surat lamaran ditulis
dengan tangan. Agar diperoleh kualitas tulisan yang setara dengan kualitas
tulisan dari mesin cetak, sebaiknya gunakan printer inkjet atau laser, dan
hindari penggunaan printer dot matrix karena akan memberi kesan kita orang yang
tertinggal dalam hal teknologi. Gunakan jenis font standar, seperti Times New
Roman untuk memberi kesan formal.
Komentar
Posting Komentar